Translate

Kamis, 23 Mei 2013

Perawatan dan Service Vixion Setahun

Berapa Biaya Perawatan dan Service Vixion Setahun
Adi Vixion


Sekedar sharing ringan saja, ngramut/merawat motor batangan memiliki sensasi tersendiri bagi saya dan tak ada salahnya berbagi sharing mengenai biaya perawatan dan Service salah satu motor sport paling laris di Indonesia, Giant Killer Yamaha Vixion. Kenapa Giant Killer?yah dalam waktu 2 tahunan dah mampu nglibas produk kompetitor Honda Megapro yang dulu bisa dibilang Mega Pro g ada lawan lah. Dan sekarang menjadi l
eader dalam penjualan motor sport.

Nah…..sebelum membahas mungkin bikin asumsi sederhana saja, jarak tempuh perbulan. Yap, hal ini kita perlukan untuk dasar waktu pergantian part dan service rutin. Asumsi yang saya pakai berdasarkan berkunjung di forum-forum maupun blog, rerata pengguna Vixion dalam setahun bisa melebihi 10.000 km. Mr, Grey saya pun beberapa bulan lalu klo tidak salah sudah tembus  lebih dari14.000 Km (setahun). Berangkat dari sini lah kita ambil asumsi saja bahwa dalam setahun pengguna Vixion menempuh jarak 12.000 km atau perbulannya 1.000 km.

Bagian mana saja yang sering diganti dan diservis?mungkin lebih enaknya dibahas ringan dan satu-satu aja kali ya:

1. Ganti Oli

Untuk ganti oli, saya biasanya memperpendek jangka waktu ganti oli dibandingkan dengan saran di buku servis. Misalnya jangka waktu ganti oli berdasarkan buku servis tiap 3.000 km. Tapi saya perpendek menjadi tiap 2.000 km ganti oli. Kenapa?kondisi jalan yang stop and go, kadang terjebak kemacetan, kadang diajak ngebut tentunya menyebabkan treatmen yang diterima mesin juga berbeda dibandingkan dengan jalanan lancar, sehingga oli lebih keras bekerjanya.

Oli yang dipakai seharusnya bertipe SAE 20W-40 (buku petunjuk), namun di bengkel klo tidak salah biasanya dikasih yamalube sport dengan kodenya SAE 10w-40.  Mau ganti oli?silahkan saja, sesuaikan dengan budget dan pilih yang tepat dengan gaya riding Anda (subjektif). Harga oli yamalube sport kurang lebih Rp 32.000/1liter. Jadi untuk urusan Ganti oli dalam setahun saya menghabiskan budget sebesar Rp 32.000,- x 6 = Rp 192.000,-

2. Filter Oli

Filter oli Vixion klo tidak salah terbuat dari membran kertas. Biar lebih aman, saya memperpendek waktu ganti filter oli yang semula tiap 9.000 km menjadi 8.000 km . Jadi dalam setahun setidaknya 1 kali ganti Filter oli Rp 35.000,-.

3.Ganti Air Radiator

Air Radiator, sebenarnya lebih cenderung melihat penampakan fisik tinggi air di tangki resvoir. Klo kurang tambah, klo lebih ya biarin aja xixiiii……Ngikut buku sevis deh, 10.000 km. Air radiator yamahah ada zat khusus untuk melindungi mesin radiator dari karat. Sehingga mungkin tim peneliti sudah memperhitungkan kenapa harus diganti tiap 10.000 km. Harga air radiator klo tidak salah Rp. 25.000,- dan ongkos kurasnya sekitar Rp. 15.000,- (klo g salah inget). Jadi klo dihitung-hitung dalam setahun Rp 40.000,-

4.Ganti Busi

Busi, standar buku itu tiap 6.000km. Busi normal yang digunakan berbahan nikel jadi daya tahannya memang skitar 6.000-10.000km. Klo saya pribadi, saya memakai NGK G-Power (berbahan Platinum). Kenapa?Daya tahannya lebih lama, skitar 2 kali lipatnya, pengapiannya juga lebih fokus. Setelah memakai ini saya merasa lebih enak saja, starter motor lebih cepet nyaut, penyakit knalpot nembak berkurang, tarikan lebih berisi. Harganya?2 kali lipat juga dari busi normal xixixi…Ko tidak salah saya beli dulu Rp 30.000,-. Yah untuk part ini dalam setahun habis budget Rp 30.000,-

5. Ganti Saringan Udara

Filter udara saya ganti sesuai buku petunjuk, Setiap 10.000 km ganti. Klo tidak salah harganya Rp 25.000,-.  Jadi setidaknya habis budget Rp 25.000,- dalam setahun.

6.Biaya Servis

Biaya Servis, standar untuk motor sport Rp 27.000,- tapi klo Anda mencoba servis di FSS Cempaka Putih biayanya jadi Rp 37.000,-. Apa yang Anda dapatkan dari perbedaan harga tersebut?ruang tunggu yang nyaman, ada sofa, internet, wifi, snack dan tv kabel, okey kan?. Servis motornya standar, termasuk ganti oli, stel ulang ECU, stel gas kopling, bersihin busi dan filter udaara. Karena saya sewaktu ganti oli  sekalian ke bengkel untuk servis ringan maka sevisnya 6 kali. Jadi totalnya Rp 37.000,- x 6 = Rp 222.000,-.

Mungkin Anda dapat menambahkan servis pembersihan Injector Cleaner. Tujuannya untuk meningkatkan menormalkan kinerja injector dalam menyemprotkan BBM. Mekaniknya bilang lebih baik diservis setiap 10.000km. Biayanya? saya kurang tahu coz belum pernah hehehe….tapi klo tidak salah denger sih masih dibawah Rp 50.000,-

7.Part lain yang mungkin “terpercepat”.

Yah mungkin tidak ada salahnya bersiap-siap untuk part-part yang g nyangka cepet habis. Mungkin Anda bersiap diri untuk ganti part kampas rem cakram depan dan tromol belakang. Harganya?Rp 75.000,- untuk kampas cakram depan dan Rp 45.000,- untuk sepatu tromol belakang.

Part lain itu kemungkinan besar di komstir, komstir Vixion bisa dibilang ringkih, kenapa?motor sport yang bagus tapi harus terpaksa melewati jalan yang tidak bersahabat blas, akibatnya ya gampang rusak. U know lah kondisi jalan di Indonesia. Rerata kejadian tersebut berada di angka 10.000-an km. Harganya?untuk komstir saja skitar Rp 470.000,-an. berhubung pengalaman saya segitiga bawahnya kena, ya nombok lagi RP 180.000,-. Mau nombok lagi buat segitiga yang atas ? setor saja Rp 250.000,-. Ongkos pasangnya Rp 20.000,-. Manteb tho?(bikin bolong kantong xixixii……).

8. Perawatan dan Servis yang lain

Hmm…..hal lain perlu diperhatikan adalah pelumas rantai, pelumas untuk lever kopling, pelumas gas/throttle, pelumas untuk  lever rem. Dalam setahun yang lalu saya habis sekitar 4 botol pelumas rantai, 2 botol pelumas lever kopling, gas dan lever rem. Yah untuk membuat gesekan dipart tersebut lebih smooth tentunya menambah daya tahan. Sampe sekarang setelannya rantainya masih di 4 kurang. Haraganya?sekitar Rp 30.000,-/botol, Jadi klo 4 berati 120.000,-. Klo dirasa perlu mungkin bisa dilumasi juga footstep dan engkol dan stadar, pake gemuk juga lebih bagus.

Perawatan lainnya adalah mencuci……yah klo ditanya masalah ini, jujur saja saya belum pernah nyicipin steam motor. praktis dalam hal mencuci motor, saya cuci sendiri. Biayanya?shampo rambut dua biji (sachet), sektiar Rp 500,- s.d Rp 1.000,-; Kanebo/sejenisnya Rp 10.000 (awal beli/starter untuk kemudian dipake berkali-kali), Gombal/karin bekas kering yang cukup alus; Sabun Colek secukupnya, Sikat dan Skat Gigi Bekas.

Berapa total setahunnya? klo dihitung-hitung dari point satu sampe delapan totalnya Rp 1.750.000,-an. Klo point 6 dikurangin servis nya alias  fine2 saja tidak ada masalah biayanya Rp 850.000,-an. Kalo ditanya murah atau mahal, ya monggo dikompare dulu dengan yang lainnya. yo tho?

selamat meramut motor kesayangannya (Vixion) Anda………..



"Semoga Bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar