Translate

Rabu, 12 Juni 2013

Merawat Motor Injeksi Sendiri


Merawat Motor Injeksi sendiri:

1. Jaga motor jangan sampai kehabisan bahan bakar
 Salah satu kebiasaan orang adalah mengisi bahan bakar adalah dengan kira-kira pas saja. Namun berbeda dengan mesin injeksi. Jika motor kehabisan bahan bakar (bensin ataupun pertamax), maka kerja fuel pump (pompa bahan bakar) ,menjadi berat. motor menjadi panas dan bisa-bisa fuel pump ini bisa terbakar. Harga untuk ganti-nya itu mahal lho. vixion sekitar 700, dan supra x sekitar 900 rb.Dan Jika tangki sering kehabisan bahan bakar, ECU akan berumur le
bih pendek daripada semestinya.

2. Hindari penggunaan bahan bakar berkualitas rendah
Jangan menggunakan bahan bakar berkualitas rendah karena ini sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin injeksi. Pilih bahan bakar yang memiliki research octane number (RON) yang sesuai dengan standar pabrik yakni di atas 90. Hindari memakai bensin bersubsidi yang memiliki RON di bawah 90.

2. Jangan menambah aksesoris (lampu, klakson) berlebihan
 Lampu aksesoris umumnya memiliki voltase dan watt yang berbeda ddengan standart pabrik. Penggunaan lampu aksesoris ini akan memberatkan kerja ECU (Electronic Control Unit) karena tidak sesuai dengan stndart pabrik yang telah distel pada  ECU ini. Jika ingin menambah aksesori sebaiknya disesuaikan dengan watt dan voltase bawaan pabriknya.

3. Lakukan servis rutin
 Ini adalah kuncinya. Servis motor secara rutin akan menjaga kebersihan saringan udara, saringan bensin dan throtle body-nya. motor injeksi adalah motor yang sangat rentan dengan yang berbau-bau "kotor". Kebersihan mesin akan selalu terjaga, ECU akan berjalan lancar kerjanya, dan hasilnya sistem injeksi akan lebih awet. sebaiknya melakukan servis rutin setiap pemakaian 3000km.

4. Mungkin terdengar sederhana, tapi hindari mencuci motor sport dengan air bertekanan sangat tinggi karena akan berpengaruh pada sistem injeksi. Risiko sistem injeksi kemasukan air semakin tinggi apabila diberi tekanan air yang kuat.

 oke semoga tips-tips merawat motor injeksi ini bisa membuat motor injeksi kamu-kamu menjadi lebih awet dan dalam kondisi optimalnya.Demikianlah Tips Jitu Merawat Motor Injeksi. Semoga bermanfaat!
"Semoga Bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar