Translate

Selasa, 18 Juni 2013

Tips Memilih Sarung Tangan Untuk Pengendara Motor


Tips Memilih Sarung Tangan Untuk Pengendara Motor

Sarung tangan, meski kecil ternyata jadi perlengkapan keselamatan yang penting bagi pengendara motor karena sudah dari gerak refleks seseorang menggunakan tangan untuk melindungi bagian depan tubuh jika terjadi kecelakaan. Berikut tips memilih sarung tangan untuk pengendara motor
.



 Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:



1. Kenyamanan

 Cuaca yang cenderung panas bisa membuat Anda malas mengenakan sarung tangan karena tidak nyaman  mengendari motor jika tangan berkeringat. Namun, saat ini ada banyak pilihan bahan yang bisa Anda pilih. Sebagian besar sarung tangan terbuat dari kulit asli maupun imitasi. Ada juga yang terbuat dari kain, polyester, nylon atau bahkan kevlar.



 Saat ini sudah banyak sarung tangan yang dari bahan yang berventilasi atau berpori sehingga tangan tidak berkeringat. Ada juga sarung tangan yang dilapisi bahan anti air sehingga tetap kering jika Anda harus berkendara dalam keadaan hujan.



 Ketika Anda membeli sarung tangan, perhatikan jahitannya. Pilih yang jahitannya di luar. Sarung tangan dengan jahitan di dalam tidak nyaman digunakan karena akan bergesekan dengan permukaan kulit Anda saat digunakan. Tentu, hal ini tidak akan menyenangkan setelah Anda berkendara cukup lama. Sarung tangan yang dijahit dan dibentuk dengan bagus bisa dilihat dari bentuknya yang terlihat seperti posisi tangan memegang stang motor, meski tidak sedang digunakan.



2. Perlindungan optimal

 Karena sarung tangan berfungsi sebagai perlengkapan keselamatan, Anda sebaiknya memilih sarung yang bisa memberikan perlindungan optimal. Sarung tangan tersebut bisa melindungi tangan dari luka gores atau lebam akibat terkena kerikil, serangga atau benda-benda lainnya yang bisa melayang mengenai tangan Anda.



 Pemilihan sarung tangan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda melakukan perjalanan jauh atau mengikuti touring, sarung tangan dengan bantalan pelindung sebaiknya jadi pilihan.



3. Tidak mengganggu kemampuan Anda mengendarai motor

 Pastikan jari-jari tangan bisa bergerak dengan leluasa. Anda harus bisa memegang stang dengan nyaman dan meraih tuas rem dan kopling dengan mudah. Oleh karena itu, Anda harus menemukan sarung tangan yang pas.



 Hindari membeli sarung tangan yang kekecilan karena setelah mengendarai motor selama beberapa jam, tangan akan lelah dan berakibat kram. Untuk sarung tangan dengan lapisan pelindung, pastikan lapisan tersebut ada potongan sehingga ketika digunakan sarung tangan bisa menekuk sesuai yang dibutuhkan.
"Semoga Bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar