Translate

Senin, 21 Oktober 2013

Tips Atasi Blind Spot Saat Berkendara

#Tips Atasi Blind Spot Saat Berkendara#

Kemampuan jarak pandang saat berkendara memang terbatas nih, brosis. Makanya di setiap kendaraan dilengkapi kaca spion, untuk meminimalisir terjadinya ‘Blind Spot’ (BS) alias titik buta yang di mana kemampuan pandang pengendara terhalang oleh sesuatu yang mengakibatkan minimnya jarak pandang. Nah untuk mengatasi hal ya
ng berbahaya ini, Mimin kasih tipsnya nih brosis.

Banyak nih, kasus kecelakaan lalu-lintas yang terjadi akibat Blind Spot, banyak dari para pengendara yang terlibat dalam kecelakaan mengaku tidak melihat posisi pengendara lain di dekatnya sebelum kecelakaan itu terjadi. Nah biar kita lebih safety saat berkendara, perhatikan hal–hal berikut ini brosis.

1. Gunakan Selalu Kaca Spion
Kaca spion fungsinya untuk membantu kita melihat kondisi jalan di belakang kita brosis, jadi selalu lengkapi kaca spion di motor loe nih dan juga ukurannya sesuai standar agar kondisi di belakang kita tetap bisa dijangkau oleh pandangan mata.

2. Posisi Selalu Terlihat Pengendara Lain
Keuntungan menggunakan sepeda motor yaitu kita bisa berakselerasi di tengah kemacetan. Tapi sebagai pengendara yang baik, kita harus bisa menempatkan posisi yang baik brosis dan harus sadar untuk tidak berusaha masuk ke area Blind Spot.

Pastikan untuk tidak berada di samping kendaraan lain (mobil) saat kecepatan penuh, karena kadang posisi kita tidak terjangkau pandangan mata di kaca spion.

3. Berikan Tanda/Isyarat
Biasanya kasus kecelakaan terjadi akibat salip – menyalip tanpa memberikan tanda/isyarat nih brosis. Nah biasakan selalu berkomunikasi dengan pengendara lain agar mengetahui posisi kita dengan cara menggunakan klakson atau lampu beam atau biasa ditulis: dim. Dan juga biasakan menyalakan lampu sein saat akan berbelok.

4. Jangan terlalu berlebihan saat bermanuver
Kita mungkin saja mempunyai skill yang bagus, tapi kita tidak tahu skill dari pengguna jalan lain. Jika sudah paham betul apa itu Blind Spot, jangan terlalu berlebihan saat bermanuver brosis. Apa lagi ketika ingin menyalip kendaraan lain atau memasuki tikungan tajam. Selalu gunakan kecepatan yang sewajarnya dan tetap memberikan tanda/isyarat.

Jadilah pecinta Motor yang cerdas dan tidak ugal – ugalan di jalan raya brosis, semoga tips  kali ini juga bisa bermanfaat. Apalagi buat brosis yang akan melakukan perjalanan jauh nih.

Keep safety ride and Keep rolling

sumber :  -  Facebook Yamaha Motor Indonesia
              -  http://bit.ly/19QnXLj

Semoga Bermanfaat
"Semoga Bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar